Sedang Masak Arak Digerebek, Begini Jadinya

oleh -157 views
GEREBEK : Kapolres Tuban AKBP Sutrisno Saat di Lokasi Produksi Arak yang Digerebek

SEMANDING – Seolah tak ada kapok. Produksi arak masih terus dilakukam, meski juga terus dirazia. Sebanyak 30 drum baceman bahan arak diamankan polisi Polres Tuban Rabu (11/10) malam dik rumah SKR (38), warga Desa Semanding, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Selain itu, alat memasak arak lainnya yang diamankan adalah  satu set pompa air, 10 tabung gas elpiji ukuran 3 kg, 2 tabung elpij 3 g kosong dan  5 dos arak jadi. Juga 3 dos arak jadi belum disaring, 72 botol kosong, satu dandang, dua kompor, serta satu regulator penyaringan. Kapolres Tuban AKBP Sutrisno mendatangi langsung lokasi produksi yang tiap hari bisa menghasilkam 60 liter arak itu.

Digerebeknya pabrik arak tersebut bermula dari laporan dari masyarakat yang curiga ada produksi arak di dalam rumah salah satu warga. Sebab, malam sekitar pulul 19.30 itu, tercium bau khas minuman bening yang memabukkan tersebut.

Usai menerima laporan, petugas Polsek Semanding didampingi petugas dari Polres Tuban mendatangi lokasi secara diam-diam. Dan, benar petugas juga mencium bau serupa seperti dalam laporan. Petugas yakin kalau di dalam rumah sedang terjadi produksi arak. Maka lantas digerebek dan ternyata dugaan itu benar.

Pemilik rumah lalu diamankan dan diinterogasi. Atas perbuatannya, SKR disangka melanggar pasal 140 jo pasal 86 ayat 2 UU nomor  18 tahun 2012 tentang pangan. Ancaman hukumannta penjara paling lama dua tahun  dan atau denda paling banyak Rp 4 miliar.(rizqi)