Segini Ternyata Jumlah Personil yang Amankan Lebaran

oleh -31 views
PERANGKAT PENDUKUNG : Bupati dan Kapolres Memeriksa Persenjataan Personel Pengamanan Lebaran

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Untuk mengamankan Lebaran dan rangkaiannya, jumlah personil yang diturunkan sangat besar. Secara nasional, jumlahnya mencapai 160.325 personel. Mereka disebar dari Sabang sampai Merauke.

Personel sebanyak itu, merupakan personel gabungan. Sebanyak 93.579 dari Polri, 13.131 TNI dan 18.906 kementerian dan dinas terkait.

Selain itu, ada 11.720 personel Satpol PP, 6.913 dari Pramuka, dan 16.076 dari kemasyarakatan dan kepemudaan. Seluruh personel gabungan tersebut akan disiagakan di beberapa titik yang berpotensi rawan saat Lebaran nanti.

Dari ratusan ribu personel itu, di antaranya dari Kabupaten Tuban. Kapolres Tuban, AKBP Nanang Haryono, S.H., S.IK., M.Si mengatakan, sebanyak 408 personil gabungan dikerahkan pada pengaman Ops Ketupat Semeru 2019 di Bumi Wali.

‘’Sama personil pengamanan terdiri dari Polisi, TNI, Satpol PP, Dishub, Orari, Petugas Kesehatan, dan Pramuka,’’ ujar Kapolres.

Para personel yang akan diturunkan dalam pengamanan itu telah dikumpulkan dalam apel Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Semeru 2019 di alun-alun Tuban, Selasa (28/05/2019) lalu.

Menurut Kapolres, Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyatakan, pengamanan dan kelancaran arus mudik dan balik Lebaran 2019 menjadi tanggung jawab seluruh elemen.

‘’Kepolisian, TNI, dan Pemkab ikut berperan dalam menjaga stabilitas dan kelancaran hari raya umat Islam tersebut,’’ tambahnya.

Fokus pengamanan pada Operasi  Ketupat 2019 ini, lanjut perwira polisi asal Bojonegoro ini, adalah Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas atau Kamsebtibcar Lantas. (yon)