Sejumlah Fraksi Soroti Perubahan APBD Tuban 2018

oleh -

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Sejumlah Fraksi di DPRD Kabupaten Tuban menyoroti perubahan APBD Tahun Anggaran 2018, saat rapat Paripurna di Kantor DPRD Kabupaten Tuban, Senin (6/8/2018).

Rapat yang dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Tuban Miyadi beragenda penyampaian Laporan Banggar dan PU fraksi-fraksi tentang perubahan APBD Ta. 2018. Mayoritas laporan tersebut mendapatkan respon positif, namun ada beberapa catatan dari beberapa fraksi.

Beberapa catatan itu disampaiakan oleh para fraksi terhadap Perubahan APBD TA 2018, diantaranya Fraksi Golkar, PDIP, Demokrat dan Nasdem Nurani Rakyat.

Menurut Fraksi Golkar, yang disampaikan Kristiawan menjelaskan, Pemerintah harus menjelaskan secara rinci sejumlah peruntungan anggaran di setiap OPD di Tuban. Seperti Anggaran pengentasan Kemiskinan dan peruntungan bagi pihak ke tiga.

“Ini harus dijelaskan secara rinci berapa dana yang diperlukan dan untuk apa saja, sehingga anggaran ini nantinya benar-benar tepat sasaran,” jelasnya.

Pemerintah masih mempunyai jeda waktu selama empat bulan untuk mengoptimalisasi anggaran di setiap OPD yang nantinya mendapatkan kucuran dana tersebut. Diyakini jika anggaran ini benar-benar diperuntukkan dan jelas sasaran maka dipastikan anggaran dapat diserap sesuai dengan kebutuhan OPD masing-masing.

“Untuk anggaran belanja pegawai. Pemerintah juga harus merinci berapa yang dibutuhkan serta anggarannya. Dalam proses rekrutmen juga perlu di optimalkan pegawai yang benar-benar mempunyai skill yang mumpuni,” beber Politisi gaek itu.

Sementara itu, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Husein mengungkapkan, eksekutif akan memberikan tanggapan pada rapat Paripuna berikutnya.

“Terimakasih atas penyamapaikan dari masing-masing fraksi, lebih detailnya akan kami sampaikan pada hari Kamis besok,” pungkas mantan Ketua PCNU Tuban itu.(Fif/Im)