Semarak Hari Buku Nasional di Tuban

oleh -

Tuban,Tabloidnusa.com-Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban semarak menggelar berbagai kegiatan dalam rangka memperingati Hari Buku Nasional 2018 di halaman perpustakaan setempat, pada Senin (7/5/2018).

Acara yang melibat siswa TK hingga jenjang SMA tersebut dihelat selama tiga hari berturut-turut, mulai 7 Mei hingga 9 Mei 2018.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tuban, Joko Prijono mengatakan, kegiatan ini diselenggarakan guna menumbuhkan minat dan budaya masyarakat Kabupaten Tuban dalam membaca buku.

“Kami menggelar acara ini untuk menumbuhkan minat dan budaya baca di Tuban,” ujar Joko sapaan akrabnya.

Terkait semaraknya lomba dalam rangka Hari Buku Nasional, Joko memaparkan, dalam lomba kali pihaknya telah mengadakan lomba mewarnai diikuti 95 siswa PAUD. Selanjutnya, lomba melukis caping diikuti 48 anak TK dan RA, lomba bercerita untuk siswa SD atau MI diikuti sebanyak 32 siswa, lomba pidato Bahasa Inggris tingkat SMP atau MTS diikuti 28 siswa dan lomba menulis artikel tingkat SMA diikuti sebanyak 24 tim.

“Dan lomba untuk masyarakat umum yaitu lomba jingle perpustakaan diikuti satu tim dan 3 perorangan,” bebernya.

Ia menjelaskan, peringatan Hari Buku Nasional ini diharapakan dapat menumbuhkan minat budaya baca masyarakat di Kabupaten Tuban. Kemudian, perpustakaan tidak hanya melakukan paradigma lama, yang mana pengunjung hanya dpinjam dan membaca buku. Akan tetapi, saat ini pepustakan bisa digunakan atau dilibatkan dimasyarakat, sehingga mereka bisa meningkatkan wacana pengetahuan dan kualitas SDM.

“kami melakukan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas minat baca dan literasi, supaya wawasan masyarakat bisa meningkat kualitas sumberdayanya,” harapnya.(Lam/Wn)

Link Banner