Semen Gresik Berikan Bimbel Siswa Ring Satu

oleh -
BIMBEL : Siswa dari Sekolah di Sekitar Pabrik saat Mengikuti Bimbel

TUBAN –PT Semen Gresik (SG) terus berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di lingkungan sekitar perusahaan. Khusus di bidang pendidikan, program baru telah diluncurkan untuk melengkapi program sebelumnya, yakni program bimbingan belajar (bimbel). Program ini diperuntukkan bagi para siswa kelas XII SMA sederajat. Mereka dipersiapkan untuk menembus perguruan tinggi negeri (PTN).
‘’Selama ini siswa dari sekolah yang jauh dari kota, seperti di sekitar perusahaan ini kan cenderung masih kalah dalam bersaing masuk PTN dibanding siswa yang bersekolah di wilayah kota. Karena itu, perusahaan melalui program bimbel ini siswa di wilayah sekitar kami punya peluangnya menembus PTN,’’ ujar Kepala Departemen Komunikasi dan Sarana Umum PT Semen Gresik, Aris Sunarso.
Dalam program ini, kata dia, Semen Gresik menyiapkan 40 siswa yang terdiri dari dua jurusan, yakni jurusan IPA terdapat 20 siswa, serta 20 siswa lainnya dari IPS. Mereka berasal dari sekolah di sekitar wilayah pengembangan perusahaan, yakni di Kecamatan Kerek, Merakurak dan Jenu.
‘’Para siswa yang kami bina ini adalah siswa dari keluarga kurang mampu, karena kami ingin mengangkat potensi mereka. Ada siswa yang pintar namun tidak mampu masuk ke PTN dikarenakan kurang mampu. Mereka inilah yang kami fasilitasi,’’ jelasnya.
Sebanyak 40 siswa yang sebelumnya telah dinyatakan lolos dalam beberapa tahapan seleksi diberi bimbingan belajar khusus yang bertempat di Kantor Pusat Semen Gresik di Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Di samping mendapatkan buku materi, biaya transport bagi siswa yang mengikuti program ini pun setiap bulannya disediakan oleh perusahaan. Juga diberikan pelatihan motivasi dan pengembangan diri, termasuk juga adanya counseling dengan menghadirkan orang tua siswa guna mendampingi masing-masing anaknya.
‘’Tenaga pengajar yang kami siapkan adalah guru-guru yang ahli di bidangnya masing-masing dari sekolah-sekolah favorit di Tuban,’’ ungkapnya.
Proses pembelajaran dilaksanakan cukup lama, mulai 6 November sampai 28 Juni 2018 nanti dengan 4 kali pertemuan per minggu berdurasi mulai pk. 15.00 sampai 18.00 WIB. Melalui proses belajar yang cukup panjang tersebut, diharapkan para siswa nantinya bisa benar-benar siap menembus kursi PTN dengan kemampuannya.
‘’Tujuan kami, di sekitar perusahaan banyak anak-anak cerdas yang bisa masuk PTN, agar ke depan akan sangat berguna untuk masa depan mereka, juga negara,’’ kata Aris Sunarso.(rizqi)