Semen Gresik Datangkan Ahli Pendidikan

oleh -
PERHATIKAN PAUD : Prof M. Nuh mengajak pendidiman usia dini diperhatikan

TUBAN – PT Semen Gresik (SG) bekerja sama dengan Ikatan Guru Taman Kanak-Kanak Indonesia (IGKTI), Ikatan Guru Raudlatul Atfal (IGRA) dan Himpunan Pendidikan Anak Usia Dini (Himpaudi) menggelar seminar pendidikan dengan mendatangkan Prof M. Nuh sebagai nara sumber. Seminar diikuti sekitar 5.000 peserta yang terdiri dari guru TK, PAUD, dan RA se Tuban. Serta undangan lainnya.

Kepala Departemen Komunikasi dan Umum PT Semen Gresik Aris Sunarso yang mewakili direksi PT SG menyebutkan, dukungan PT Semen Gresik pada pendidikan, khususnya pendidikan usia dini sudah tidak diragukan lagi. Selain  mendukung seminar pendidikan, serta kegiatan lain di bidang pendidikan, perusahaan BUMN itu juga mendukung sarana dan prasarananya.

‘’Kami membantu membangun gedung untuk PAUD di beberapa tempat,’’ ujarnya.

Di antara gedung PAUD yang dibangun Semen Gresik adalah di Desa Kapu Kecamatan Merakurak. Juga di Desa Temaji, Kecamatan Jenu. ‘’Yang saat ini masih dalam proses adalah di Desa Mliwang Kecamatan Kerek. Semua itu kami lakukan untuk mendukung pendidikan di Tuban,’’ tambahnya.

Menurut dia, PAUD untuk membangun karakter bangsa, dan sebuah bangsa akan maju jika warganya menerima dan memperoleh pendidikan yang cukup.

‘’Dan kami berkomitmen untuk mendukung peningkatan pendidikan itu,’’ kata dia.

Pendidikan anak usia dini sangat penting. Sebab, pada usia play group (PG) sampai taman kanak-kanak (TK) dan sederajat anak disebut sebagai usia emas. Pendidikan karakter sangat dibutuhkan pada usia ini. Pendidikan anak usia dini (PAUD) diharapkan bisa mencetak anak memiliki karakter kuat.

Peran guru dalam mendidik anak sangat penting. Karena itu, guru tidak hanya dituntut mampu memberikan materi pelajaran sesuai kurikulum saja. Namun, mampu benar-benar mendidik dan menyiapkan generasi masa depan yang berkarakter, cerdas dan religius. Peningkatan kualitas guru harus terus dilakukan.

Bupati Tuban Fathul mengatakan, pendidikan sangat penting untuk memajukan daerah. Karena pendidikan yang rendah, membuat  warga bisa menjadi miskin. Sebab,  tanpa pendidikan daya saing rendah, kreatifitas tak banyak dan sulit untuk bersaing memperoleh kesempatan.

‘’Warga miskin rata-rata pendidikannya rendah,itu sangat berpengaruh pada  kemajuan suatu daerah,’’ terangnya.

Bupati sangat berterimakasih pada Semen Gresik karena terus peduli dan berkomitmen mendukung peningkatan kualitas pendidikan di Tuban.

‘’Semoga kegiatan seperti ini istiqomah dilaksanakan. Terimakasih pada semua pihak, terutama pada Semen Gresik yang terus peduli dan mendukung,’’ tandasnya.

Sementara, M. Nuh mengatakan pendidikan usia harus mendapat perhatian serius. Masa depan Indonesia, kata dia,  ada di tangan para pemuda yang saat ini sedang menjalani pendidikan PAUD. ‘’Sebab, pada 2035 nanti, Indonesia diprediksi akan mengalami masa keemasan karena generasi mudanya banyak. ‘’Karena itu, harus disiapkan generasi yang kreatif dan  berkarakter, semua ada di tangan Anda semua sebagai guru PAUD,’’ tegasnya.(rizqi)