Semen Indonesia Lukis Dinding Pabriknya

oleh -256 views
MURAL : Para Peserta saat Melukis Mural di Tembok Pabrik Semen Indonesia

Wartawan: Salam

Tabloidnusa.com – Dinding luar pabrik Semen Indonesia di Tuban tidak polos lagi. Dinding pabrik yang berada di tepi jalan di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Tuban penuh dengan lukisan.

Gambar-bambar lukisan mural itu, adalah hasil lomba mural yang digelar PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Lomba itu diikuti peserta dari berbagai daerah dan warga sekitar pabrik dan dilaksanakan,  Minggu (16/9) lalu, namun hasilnya bisa menikmati sampai sekarang. Lomba ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT ke-61 Semen Indonesia dan HUT ke-73 Republik Indonesia.

Tema lomba  “Melalui Seni, Bersama Membangun Negeri Menjadi Bangsa yang Kokoh, Kuat dan Mandiri”  lomba itu bertujuan untuk menggali bakat dan minat masyarakat di bidang seni. Juga mengenalkan kepada masyarakat bahwa seni mural tidak selalu buruk. Karena juga punya manfaat  bila diberikan ruang untuk mengekspresikannya.

Peserta datang bukan hanya dari Tuban, namun juga ada yang dari Kabupaten Rembang, Blora, Bojonegoro, dan Lamongan. Ada 85 kelompok peserta yang mendaftar. Sebanyak 53 kelompok kategori umum dan 32 kelompok kategori pelajar.

‘’Setelah diverifasikasi hanya terpilih, 40 kelompok, yakni 27 umum dan 13 kelompok kategori pelajar. Kriteria penilaian dalam lomba adalah kerjasama tim, keindahan, kerapian, kesesuaian dengan  tema dan kreativitas. Juga kebersihan karya, serta kesamaan antara konsep dan gambar,’’  ujar Kepala Biro Hubungan Media Semen Indonesia, Sigit Wahono.

Kepala Dinas Perekonomian Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya jugamengapresiasi kegiatan tersebut.

“Sebagian besar peserta mengambil konsep batik, sehingga melalui kegiatan ini juga dapat mengenalkan kepada masyarakat tentang budaya Tuban, yakni batik dalam media yang lain,’’ katanya.

Kategori umum, juara Best Performance diraih oleh Kelompok Marimas-U2 dari Tuban. Sedangkan untuk Best Technique dimenangkan Kelompok SEMUR-U20 dari Rembang, Best Artistic Culture diraih Kelompok Duo Kwek-kwek – U6, dan Best Teamwork oleh Kelompok Art Kid – U3.

Kategori Pelajar, juara Best Performance dimenangkan oleh Kelompok Starlight – P5 dari SMKN 2 Tuban,  Best Technique oleh Kelompok Triwikrama – P1 dari SMAN 1 Rengel, dan  Best Artistic Culture oleh Kelompok Srikandi – P6 dari SMKN 2 Tuban.  Total hadiah Rp 20 juta beserta trophy dan piagam diperebutkan dalam lomba ini.(lam/wan)