Sempat Hilang, Dua Nelayan Ditemukan Selamat

oleh -66 views

TUBAN

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Setelah sempat dikabarkan hilang karena selama lebih dari 17 jam, Zaeni dan Munir dua nelayan asal Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban ditemukan dalam kondisi selamat.

Dua nelayan ini ditolong Zaenul, nelayan asal Desa Karangagung,Kecamatan Palang, Tuban ketika dalam kondisi tak menentu di tengah laut.

As baling-baling perahu yang ditumpangi Munir dan Zaeni patah, sehingga perahu tak bisa dikendalikan. Sehingga, dua nelayan yang berburu rajungan itu hanya terombang-ambing bersama perahu dengan jarak sekitar 20 mil dari bibir pantai.

Beruntung keduanya ditemukan oleh nelayan Desa Karangagung tersebut lalu ditarik menepi di TPI Karangagung sekitar pukul 08.40 WIB, pada Selasa (18/2/2020).
Syahbandar Tuban, Boby Mulya Kusuma bersama tim langsung mendatangi keduanya di TPI yang berbatasan dengan Kabupaten Lamongan ini.
“Ternyata as baling-baling perahunya patah,” ujar Boby.

Kabar ditemukannya nelayan Socorejo itu sampai ke ketelinga Kepala Desa Socorejo Arief Rahman Hakim. Dia  langsung mengirim perangkat desanya untuk menjemput ke Palang.
Atas kejadian itu, Kades Arief menghimbau kepada seluruh nelayannya untuk hati-hati dan selalu waspada.

‘’Cek kondisi perahu, perlengkapan, hingga pelampung sebelum melaut. Mari selalu waspada,’’ ajaknya.
Diberitakan sebelumnya, dua nelayan Zaeni 47, dan Munir, melaut dengan satu perahu. Mereka berangkat Senin (17/2) pukul 04.00 WIB namun belum pulang hingga pukul 20.57 WIB.
Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Brondong bersiap menerjunkan dua kapal patroli KN.P 485 dan KN 50018, dengan kekuatan 10 personel untuk mencari. (yon)