Sempat Vakum, Kejurprov Balap Sepeda Akhirnya Digelar di Tuban

oleh -
Sekda Tuban, Budi Wiyana memberikan sambutan diacara pembukaan balap sepeda

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Setelah vakum selama 7 tahun, akhirnya Pengurus Provinsi (Pengprov) Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Jawa Timur berhasil menggelar Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) Balap Sepeda ISSI Jawa Timur Tahun 2018 di Kabupaten Tuban. Dalam pembukaan kegiatan itu dilaksanakan bersamaan dengan pelaksanaan Nomor Lomba Downhill di Bukit Waturumpit, Desa Prunggahan Kulon, Kecamatan Semanding, Jum’at (14/12/18).

Hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Ketua Umum ISSI Jatim dan ISSI Tuban beserta pengurus dan anggota, Sekretaris KONI Tuban, Perwakilan dari Polres Tuban dan OPD Terkait. Tampak hadir pula tamu dari Kecamatan dan desa setempat serta masyarakat umum yang menonton secara langsung.

Dalam Laporan Panitia Penyelenggara, Surtiyono menjelaskan, Kejurprov Balap Sepeda ISSI Jatim dilaksanakan menindaklanjuti hasil Rapat Kerja Pengprov ISSI Jatim yang dilaksanakan di Banyuwangi pada September 2018 yang lalu. Dalam Kejurprov ini dilaksanakan event di dua tempat berbeda. Yakni, untuk nomor lomba Downhill dan Roadbike di Tuban, 14-16 Desember 2018 serta BMX dan Track pada 21-23 Desember 2018 di Malang.

“Tuban untuk pertama kalinya menjadi tuan rumah, tapi sudah bisa memecahkan rekor tertinggi karena diikuti 90 persen anggota dari 27 Pengkab ISSI Kabupaten/Kota sejatim dengan 297 atlet dan 54 official,” terang Surtiyono.

Senada dengan itu, Ketua Umum Pengprov ISSI Jatim, Wahid Wahyudi memberikan, apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemkab Tuban, KONI dan Pengkab ISSI Tuban yang telah memfasilitasi kejuaraan balap sepeda ISSI Jatim 2018. Pasalnya, acara ini bisa terlaksana meski sempat vakum selama 7 tahun.

“Selama itu tidak ada kegiatan oleh Pengprov Jatim, karena Vakum kepengurusan, dan melalui Musyawarah Luar Biasa Pengrov ISSI Jatim terbentuklah pengurus baru dengan berbagai agenda yang telah ditetapkan,” jelasnya.

Pria yang juga menjabat Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda Provinsi Jatim tersebut berharap, event Kejurpov bisa berjalan dengan rutin. Oleh sebab itu, diharapkan kepada Pengurus Provinsi dan Kabupaten/ Kota harus mempunyai rasa memiliki. Karena maju tidaknya balap sepeda juga tergantung kepada pengurusnya.

“Mari semangat bersama, membangun ISSI Jatim dan melaksanakan Kejurprov dengan sebaik mungkin,” ungkapnya.

Wahid Wahyudi menambahkan, Kejurprov dilaksanakan dengan tujuan menggairahkan olahraga balap sepeda termasuk kompetisinya. Karena balap sepeda merupakan olahraga bisa diikuti semua lapisan masyarakat. Kejurprov in merupakan event resmi yang dilaksanakan oleh ISSI jatim. Tujuannya, untuk memilih atlet-atlet terbaik jatim.

“Hasilnya menjadi bank data dan juga peringkat atlet untuk bisa diikutkan pada lomba diberbagai level,” pungkasnya.

Dalam Kejuprov kali ini memperebutkan 141 medali yang terbagi dalam 38 medali emas perak perunggu, 4 piala untuk peraih medali terbanyak, dan satu piala bergilir yang diberikan kepada Kabupaten/Kota dengan medali terbanyak.

“Tahun 2019 Cabor Balap sepeda Porprov direncanakan di Tuban, sehingga kegiatan Kejurprov kali ini menjadi ajang pemanasan bagi atlet sekaligus panitia. Tahun depan juga memasuki Pra Pekan Olahraga Nasional (PON), diharapkan bisa tercipta atlet-atlet terbaik, sehingga Medali bisa diraih atlet jatim,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Tuban, Budi Wiyana mengucapkan, terima kasih dan apresiasi kepada ISSI Jatim yang telah memberikan kesempatan kepada Kabupaten Tuban sebagai tempat diselenggarakannya Kejurprov Balap Sepeda ISSI Jatim. Akan tetapu, Pemkab memohon maaf jika mulai persiapan sampai akhir pelaksanaannya nanti masih terdapat kekurangan.

“Jika terdapat kekurangan, bisa menjadi bahan evaluasi terutama dalam penyelanggaraan Porprov yang akan dilaksanakan di Tuban tahun depan,” ujar Sekda.

Dengan Kejurprov yang dilaksanakan di Tuban, Sekda berharap, akan memberikan manfaat didalam pengembangan olahraga di Tuban. Terutama, balap sepeda menuju kemajuan bidang olahraga dan juga bidang-bidang lainnya.

“Dengan adanya event tingkat Provinsi juga diharapkan ada multiflyer effect terutama dalam peningkatan ekonomi masyarakat sekitar,” harapnya.

Diketahui, dalam Event Kejurprov Balap sepeda ISSI Jatim 2018 di Kabupaten Tuban, selain kelas Downhill yang diperlombakan hari ini, masih ada Nomor lomba Individual Road Racing (IRR) yang menggunakan lokasi Jalan Raya Merakurak – Montong, Sabtu (15/12/18) dan Nomor Lomba Criterium dengan Lokasi di sepanjang jalan Letda Sucipto Tuban, Minggu (16/12/2018).(Lam/Wn)