Serikat Pekerja di Tuban Tuntut Upah Kerja Naik

oleh -
Para demonstran berunjuk rasa menuntut kenaikan gaji

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Ratusan buruh yang mengatasnamakan Federisasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Cabang Tuban, Jawa Timur menggelar aksi demo di depan Kantor Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja Kabupaten Tuban, Rabu (31/10/2018)

Dalam aksinya mereka menuntut agar Upah Minimum Kabupaten (UMK) di Bumi Wali Tuban naik. Karena besaran usulan upah Kabupaten Tuban pada tahun 2019 tidak sesuai dengan tahapan fungsi dari Dewan Pengupahan Kabupaten (DPK) yang mengabaikan usulan dari unsur serikat buruh.

“UMK yang diusulkan tidak berpihak pada buruh melainkan tapi pro pemilik modal, serta tidak sesui dengan Peraturan Presiden Nomor 107 tahun 2004,” jelas Duraji selaku ketua FSPMI Kabupaten Tuban dalam orasinya.

Tak hanya itu, ratusan buruh juga menginginkan penetapan usulan upah harus berdasarkan survey Kehidupan Hidup Layak (KHL) yang mempertimbangkan pertumbuhan ekonomi dan inflasi. Sebab, hal ini sesuai dengan Undang-undang 13 tahun 2013 tentang ketenagakerjaan.

“Kami menuntut penetapan UMK harus mengacu dan menggunakam Peraturan Pemerintah nomor 78 tahun 2015 tentang Pengupahan,” tambahnya.

Diketahui, aksi ini digelar di tiga tempat, yakni Kantor Dinas Penanaman Modal PTSP dan Tenaga Kerja, Kantor Buapti dan Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban.(Lam/Wn)