Setahun Semen Gresik Setor ZIS Rp 1,3 Miliar

oleh -
TERIMA PIAGAM : Kabiro Humas dan CRS Semen Gresik Menerima Piagam dari Wabup Noor Nahar
TERIMA PIAGAM : Kabiro Humas dan CRS Semen Gresik Menerima Piagam dari Wabup Noor Nahar

TUBAN – Semen Gresik melalui Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Semen Indonesia Group Tuban berhasil mengumpulkan dana sebesar Rp 1,3 miliar. Uang itu berasal dari zakat infaq dan sodaqoh (ZIS) dari para karyawan perusahaan prodysen semen ini. Pemungutan setiap bulan dari gaji masing-masing sepanjang tahun 2017.

Dana ZIS tersebut disetorkan kepada Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Kabupaten Tuban. Setoran itu, merupakan jumlah setoran tertinggi dari seluruh UPZ. Karena itu,  Semen Gresik mendapat penghargaan UPZ dengan kiner paling optimal dari Basnaz atau pengumpul ZIS terbanyak. Penghargaan diserahkan Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein kepada manajemen Semen Gresik yang diwakili Kabiro Humas & CSR, Kuswandi usai upacara rutin setiap tanggal 17  di halaman Pemkab Tuban dengan inspektur upacara Wabup Noor Nahar.

Dalam sambutannya, Wabup mengatakan, pemkab berupaya keras untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Tuban. Salah satunya melalui program pemberdayaan masyarakat yang dikelola oleh Bazda Tuban. Sehingga diharapkan semua instansi dan perusahaan di Kabupaten Tuban dapat mendukung dan menyetorkan zakat dari internalnya kepada Bazda Tuban.

Menurut Sekretaris Pelaksana Basda Tuban Eko Julianto, perusahaan-perusahaan lain yang ada di Tuban juga ikut menyetorkan ZIS yang dikumpulkan dari internalnya. Jumlahnya berkisar puluhan juta rupiah hingga ada yang sudah di atas Rp 100 juta. Namun, Semen Gresik sudah bisa di atas Rp 1 miliar.

‘’Ini merupakan pengumpulan ZIS dengan jumlah terbesar di antara perusahaan lainnya di Kabupaten Tuban,’’ katanya.

Selain kriteria pengumpulan ZIS terbanyak, juga ada kriteria setoran ZIS yang melampaui potensi. Sebagai contohnya secretariat kabupaten. Berdasarkan jumlah karyawan setelah dihitung potensinya hanya sekitar Rp 2,3 juta per bulan, namun bisa menyetorkan ZIS sebesar Rp 4,5 juta per bulan.

Dari sumbangan UPZ Semen Indonesia Group Tuban dan UPZ lainnya membuat ZIS yang dikumpulkan Bazda Tuban terdongkrak naik. Tahun 2016 berhasil dikumpulkan Rp 3,8 miliar, sedangkan tahun 2017 naik hampir dua kali lipat menjadi Rp 6,9 miliar.

Sementara itu Kabiro Humas & CSR Semen Gresik, Kuswandi menerangkan, penyampaian dana ZIS dari UPZ Semen Indonesia Group Tuban kepada Bazda Tuban juga disertai pengajuan Rencana Kerja Anggaran Tahunan (RKAT). Tujuannya untuk bersama dengan Bazda dalam menjalankan program pemberdayaan masyarakat.

Tahun, 2017 ada tiga program yang dilaksanakan di wilayah Kecamatan Jenu, Kerek dan Merakurak. Yaitu bedah rumah sebanyak 11 unit yang dikerjasamakan dengan Kodim 0811 Tuban dan bantuan ternak kambing bagi warga miskin produktif. Juga bantuan dana bisyaroh untuk guru TPQ sebanyak 324 orang,’’ katanya. (rizqi)

 

Link Banner