Setiajit Bagikan Masker dan Semprot Permukiman Warga

oleh -

TUBAN
Wartawan : Eka Febriyani
Tabloidnusa.com – Anggota Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 pemerintah Provinsi Jawa Timur Setiajit turun langsung permukiman warga di Kabupaten Tuban.

Sejak Minggu (29/3/2020) Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur akan mengajak warga untuk bersama-sama melawan Covid -19.

‘’Saya adalah bagian dari Gugur Tugas Pencegahan Covid-19 Jawa Timur. Sudah seharusnya saya turun untuk memastikan upaya pencegahan itu dilakukan,’’ ujar Setiajit saat ditemui di Pasar Serut, Kelurahan Ronggomulyo, Kecamatan Tuban.

Dia mengatakan, setiap pecan akan datang di tengah masyarakat untuk bersama-sama melawan Covid-19. Sebab, harapan dan semangat warga harus ditumbuhkan untuk memunculkan sikap positif.

‘’Sikap positif itu penting, bahwa kita bisa melawan virus ini bersama-sama. Selama kita bisa bergerak bersama, semua bisa diatasi,’’ tambahnya.

Pada hari Minggu itu, Setiajit turun di empat Kelurahan, yakni Ronggomulyo, Kutorejo, Doromukti dan Kingking. Di tiap lokasi yang dikunjungi, dibagikan masker dan menyemprot permukiman warga untuk memastikan virus mati.

‘’Kita datangkan 10 ribu masker, hand sanitizer dan alat cuci tangan dengan sabunnya. Untuk lingkungannya kita semprot disinfektan,’’ ungkapnya.

Selain itu, jika di lingkungan yang didatangi ada keluarga miskin yang membutuhkan bantuan, Setiajit juga memberikan paket sembako dan santunan. Jika ada yang sakit dan butuh dibawa ke klinik atau rumah sakit bisa menggunakan ambulans yang sudah tersedia.

‘’Kita juga punya kegiatan pengobatan gratis, namun untuk sementara berhenti dulu, karena semuanya focus untuk melawan Covid-19,’’ katanya.

Setiajit blusukan sendiri untuk memimpin timnya melakukan bhakti sosial tersebut. Dalam aksinya, tak jarang tim harus melewati gang-gang sempit di perkampungan warga.

Selama dalam perjalanan, pejabat asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini menyapa warga dan berpesan untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan.

Tiba di area pasar desa dengan luas 20×43 meter, pria asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini langsung diserbu emak-emak.

Ada yang meminta kalender, hingga meminta dipasangkan masker langsung oleh Setiajit. Tak jarang warga mengajak swafoto. Mereka berterimakasih dengan kepedulian Setiajit.

Kegiatan tersebut akan dilakukan di seluruh kecamatan di Tuban. Melalui para relawan yang sudah siap di seluruh kecamatan kegiatan itu dipastikan menyentuh seluruh wilayah. Setiajit terus mengingatkan warga untuk bersama-sama menjaga kesehatan.

“Jika tidak perlu keluar, tetap di rumah, jaga pola hidup bersih dan sehat. Yang penting setiap 15-20 menit sekali cuci tangan dengan sabun. Jika jauh bisa gunakan hand sanitizer,” tandas mantan PJ Bupati Jombang ini.(yon)

Link Banner