Setiajit Hadir di Tengah Pendekar PSHT

oleh -64 views
BERSAMA PENDEKAR : Setiajit Hadir bersama Ribuan Pendekar PSHT

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com –  Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur Setiajit Sabtu (5/10/2019) hadir di tengah ribuan pendekar dari perguruan silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT).

Pria yang bakal mencalonkan diri menjadi bupati Tuban dalam pilkada 2020 nanti itu menghadiri syukuran keluarga besar PSHT Cabang Tuban, di padepokan PSHT Tuban di Desa Sugihwaras Kecamatan Jenu. Acara itu dimeriahkan pentas wayang kulit dengan dalang Ki Sigid Ariyanto dari Rembang.

Selain ribuan pendekar dan warga PSHT, acara itu juga dihadiri para pendekar dan petinggi perguruan silat lain di Tuban, pengurus IPSI serta jajaran forkompimka Jenu. Juga pengurus KONI Tuban dan undangan lainnya.

Ketua PSHT Cabang Tuban Lamidi dalam sambutannya mengucapkan syukur dan terimakasih karena acara itu bisa digelar. Pentas wayang itu wujud rasa syukur dan upaya melestarikan budaya.

‘’Bersyukur,terutama para warga baru PSHT yang disahkan tanggal 17 dan 20 September lalu. Nguri-uri budaya ini akan terus kita lakukan, selama PSHT ada,’’ ujar Lamidi.

Kepada seluruh yang hadir, Lamidi berpesan dan mengajak agar bisa menciptakan Kabupaten Tuban yang aman dan nyaman. Ada perbedaan pendapat itu dinilai wajar, namun semua harus diselesaikan agar Tuban tetap aman.

‘’Khusus keluarga besar PSHT, dan para pengurus perguruan lain di IPSI, mari menjaga Tuban aman dan nyaman. Sekarang saatnya bersatu untuk membuat Tuban maju,’’ tambahnya.

Dia mengajak semua belajar pada gamelan. Meski berbeda bentuk, warna dan suara. Namun, jika ditabuh secara bersama-sama dengan irama yang sama, menghasilkan musik yang indah dan enak didengar.

‘’Saudara kita di daerah lain sudah maju. Mari kita berusaha bagaimana menciptakan silat di Tuban ini maju dan bisa membuat Tuban semakin aman dan nyaman. Tuban sudah aman, tinggal kita meningkatkan terus,’’ katanya.

Sementara Setiajit mengatakan, mendukung langkah yang dilakukan PSHT untuk membuat Kabupaten Tuban semakin maju. Dia menyebut, visi misi PSHT juga sejalan dengan pemikiran dan harapan dia jika nanti diberi amanah untuk memimpin Tuban.

‘’Tuban lebih maju memang harus kita perjuangkan bersama-sama. Saya mendukung langkah PSHT itu, mari semua bekerjasama untuk mewujudkan Tuban yang lebih maju,’’ ajak pejabat asal Tuban ini

Silat, kata mantan Penjabat (Pj) Bupati Jombang ini, merupakan budaya asli Indonesia, kearifan lokal yang harus terus dijaga kelestariannya.

‘’Kehadiran saya di sini sebagai bentuk dukungan saya pada pelestarian budaya bangsa yang adiluhung itu,’’ tandasnya.(yon)