Setiajit Mulai Gerakan Satu Rumah Satu Masker

oleh -
GRATIS : Setiajit Membagikan Masker Gratis pada Masyarakat

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Gerakan satu rumah satu masker yang digagas Setiajit dimulai Minggu (19/7/2020). Kegiatan diawali dengan penyerahan secara simbolis masker pada Koordinator Kecamatan (Korcam) relawan Setiajit.

Peyerahan dilakukan di halaman Posko Tuban Milik Bersama di Jala dr Wahidin Sudiro Husodo Tuban. Selain masker, juga dibagikan seribu tong air untuk cuci tangan dan hand sanitizer. Gerakan tersebut merupakan upaya menggugah kesadaran masyarakat agar patuh protokol kesehatan.

‘’Masker dan lain-lain ini kami bagikan gratis pada masyarakat. Ini upaya kami membantu pemerintah mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya melaksanakan protokol kesehatan,’’ ujar Setiajit.

Masker yang dibagikan, lanjut Kepala Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Timur tersebut sebanyak 300 ribu buah. Kemudian ditambah ribuan botol handsanitizer dan tong air untuk cuci tangan.

‘’Untuk masker satu rumah satu masker. Kami pastikan semua rumah nanti kebagian. Ini sifatnya untuk mengedukasi atau mendidik warga agar disiplin bermasker,’’ tambah pejabat kelahiran Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini.

Setelah menyerahkan secara simbolis ke Korcam, pria yang akan mencalonkan diri menjadi bupati Tuban pada pilkada 9 Desember 2020 nanti tersebut juga membagikan sendiri maskernya.

Dari rumah ke rumah Setiajit mendatangi warga di Kecamatan Palang dan Merakurak. Selanjutnya, pembagian akan dilanjutkan oleh para relawan. Dia memerkitakan dua atau tiga hari pembagian tersebut selesai.

‘’Semua rumah harus dapat. Ini untuk menggugah kesadaran masyarakat,’’ katanya.

Bukan hanya masker, Setiajit juga membagikan leaflet panduan pelaksanaan kenormalan atau kebiasaan baru di masa pandemi covid-19 ini. Leaflet tersebut dipastikan juga bakal diterima oleh seluruh rumah di Kabupaten Tuban.

‘’Kampanye soal pelaksanaan kebiasaan baru ini sangat penting. Karena itu, masyarakat harus faham terkait hal itu,’’ terang anggota Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 Jawa Timur ini.

Mantan pelaksana (Plt) Bupati Jombang ini menegaskan, bahwa masyarakat harus mendukung langkah pemerintah dalam penanggulangan covid. Caranya dengan melaksanakan himbauan dan ketat melaksanakan protokol kesehatan.

‘’Masker, leaflet yang saya bagikan itu, ada panduannya dan alat cuci tangan saya bagikan ini sebagai upaya pencegahan penyebaran,’’ tandasnya.(yon)