Sikapi Demo Aliansi Katar, Semen Indonesia Janjikan Mediasi Dengan Disnaker

oleh -
Kades Karangasem memimpin demo di halaman utama Pt Semen Indonesia pabrik Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Gelombang aksi demo aliansi karang taruna ring satu PT Semen Indonesia terkait proses rekrutmen karyawan di PT IKSG (Industri Kemasan Semen Gresik) di halaman utama Pt SI pabrik Tuban Desa Sumberarum berbuah manis. Hal ini terjadi setelah para pendemo yang sebelumnya menggelar aksi demo ke IKSG pada minggu kemarin tidak menghasilkan keputusan.

Didepan massa pendemo, Kasi Bina lingkungan Pt SMI, H Siswanto menjelaskan, rekrutmen tenaga skill di IKSG yang menuai masalah tersebut akan ditindak lanjuti dengan mengundang pihak terkait.

“Untuk itu kami akan memfasilitasi dan mengundang perwakilan dari tiga desa. Yakni Desa Karangasem, Socorejo dan Temaji serta juga dari karang taruna untuk duduk bersama, dan kami juga akan melibatkan Disnaker,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menambahkan, meskipun dalam rekrutmen tersebut IKSG menggandeng PT Swabina Gatra, tetapi tidak bisa membiarkan hal ini berlarut-larut. Harapannya, minggu ini bisa ketemu dan diupayakan dengan prinsip mediasi untuk kebaikan bersama.

“Semoga minggu ini kita bisa ketemu, kita upayakan dengan prinsipnya mediasi untuk kebaikan bersama,” jelas Siswanto.

Sementara itu, Kepala Desa Karangasem Shodikin yang mengikuti aksi demo menyatakan, akan mengikuti alur mediasi yang diputuskan SMI. Namun, jika terjadi kebuntuan pihaknya mengancam akan menggelar aksi lanjutan di area tambang. Karena ada 200 hektar tanah karangasem yang masuk tambang.

“Seandainya mediasi ini gagal kita akan gelar demo lagi, dan saya ucapkan terimakasih untuk aliansi karang taruna yang telah mendukung aksi ini,” tuturnya.

Hal senada disampaikan oleh Koordinator aksi Arif, pemuda Karangasem tersebut mendukung langkah yang diambil Pt SMI untuk mediasi. Akan tetapi, bila gagal pihaknya akan menggelar aksi yang lebih besar.

“Kami siap mediasi, tapi jika gagal akan demo lagi ditambang. Mohon do’a, semoga langkah kami direstui Allah,” pungkas Arif.(Lam/Wn)