,

Siswa Diajak Hidup Disiplinan Melalui Kegiatan Pramuka

oleh -

Wartawan: Edy Surparyogi

Tuban,Tabloidnusa.com-Berbagai cara dilakukan guru untuk melatih muridnya agar bisa bersikap disiplin. Salah satunya dengan mengajak mereka untuk mengikuti kegiatan Pramuka.

Melalui kegiatan ini secara tidak langsung akan berdampak pada pembinaan karakter mereka baik perilaku disiplin di sekolah maupun saat berada di rumah.

Menurut Kepala Madrasah Ibtidaiyah (MI) Miftahul Huda, Desa Punggulrejo, Kecamatan Rengel Kabupaten, Tuban Susilowati Haniah, Minggu (29/7/2018) menyampaikan, bahwa pramuka ini adalah modal utama dalam melatih kedisiplinan siswa.

“Wahai anak anak, tetaplah semangat untuk selalu mengikuti tahapan materi yang disampaikan kakak pembina, ini adalah modal kalian untuk menjadi anak yang mandiri, disiplin dan siap dalam segala hal” katanya.

Kegiatan pramudakarana tingkat Penggalang ini dikuti hampir 87 dari siswa kelas 4, 5 & 6 yang terbagi dari 8 Regu yaitu Beruang, Singa, Garuda, cobra,  Kamboja, sedap malam, nusa indah dan kenanga.

Di halaman MI Miftahul Huda Punggulrejo Rengel Tuban sejak tanggal 27-29 Juli 2018, oleh Gugus Depan 17077 – 17078. Hal yang sama juga dikatakan salah satu pembina Pramuka Resa Rahmawati salah satu pembina pramuka madrasah menyampaikan bahwa ini merupakan sebuah terobosan tersendiri untuk MI Miftahul Huda (Mifda)  dalam menciptakan kedisiplinan dan membentuk karakter siswa.

Dengan berpramuka diharapkan seluruh siswa dapat menerapkan pelajaran yang telah disampaikan oleh kakak pembina dan guru yang membimbing. “Semoga kegiatan ini menjadi salah satu program yang baik untuk siswa madrasah ini kedepan,” cetusnya.

Sementara itu, salah satu siswa Restu Alam selaku pemimpin apel pembukaan dan penutupan merasa senang dan bangga dengan adanya kegiatan tersebut. Menurut dia, Pramuka selain melatih mental disiplin para siswa, perhelatan ini juga merupakan ajang silaturahmi bagi seluruh siswa.

“Saya sangat senang bisa kumpul teman-temen,”. (Yog)