Soekarwo Terpikat pada Alat Ciptaan Siswa SMK YPM

oleh -113 views
TUBAN KOTAPrestasi SMK YPM 12 Tuban semakin menanjak. Baru-baru ini, SMK yang didaulat PCLP Ma’arif NU Tuban sebagai SMK unggulan milik Ma’arif ini kembali mengikuti pameran hasil kreasi siswa tingkat provinsi.
Tepatnya pada Kamis sampai Minggu (17-20/09/2015) lalu, SMK YPM ikut serta mewakili Tuban dalam ajang Pameran Karya Siswa SMK-Perguruan Tinggi dan Bursa Kerja Jawa Timur 2015 di JX International Convention Exhibition (Gedung Jatim Expo) Jl. Ahmad Yani No. 99 Surabaya.
Dalam ajang itu, SMK YPM memamerkan 3 alat ciptaan siswa-siswinya. Pertama, alat penyiram tanaman berbasis mikro. Menurut penuturan Rahmad Sampurno (kepala SMK YPM), alat ini secara fisik hampir sama dengan alat penyiram tanaman yang lainnya. Namun, yang menjadikan alat ini istimewa adalah alat ini memiliki bagian khusus yang mampu mendeteksi kelembaban tanah. Jika tanah telah basah, maka alat penyiram ini tidak akan bekerja. Namun, jika tanahnya kering, maka secara otomatis alat ini akan bekerja.
Kedua, becak listrik generasi II. Jika dulu pada becak listrik generasi I, motor penggeraknya berarus DC (baca: searah), maka dalam becak listrik generasi II ini motor yang dipakai adalah BLDC (penggabungan antara arus searah dan arus bolak-balik).
Ketiga adalah alat pembunuh hama. Alat ini sepintas seperti raket nyamuk yang didesai sedemikian rupa. Di bagian tengah jaring diberi lampu. Ternyata, lampu itu mampu menjadi perayu hama, sepeti nyamuk, untuk mendekat. “Sebelum nyamuk sampai pada jarring, nyamuk sudah bisa dipastikan mati,” kata Rohmad.

Tidak disangka, ketiga alat yang dipamerka SMK YPM ini mampu memikat hati Gubernur Jawa Timur Soekarwo dan Ibu. Di stand SMK YPM, Bu Karwo berbincang agak lama untuk mengetahui kelebihan-kelebihan alat ciptaan anak-anak nahdliyin yang ada di Tuban ini. (wakhid)