Sukses Kembangkan Enterprenure dan Tata Kelola Pemerintahan, Bupati Tuban Dapat Penghargaan

oleh -145 views
H Fathul Huda menerima Enterprnure Award 2018

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloudnusa.com-Bupati Tuban, H. Fathul Huda menerima penghargaan Entrepreneur Award 2018 kategori perdagangan (Trade) dari Mark Plus Inc dan Philip Kotler Center for ASEAN Marketing yang bekerjasama dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi). Bupati kelahiran Montong ini dapat penghargaan karena dinilai sukses mengembangkan Entrepreneur dan tata kelola pemerintahan serta pembangunan dengan baik.

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada H Fathul Huda di acara INA (Innovation Network of Asia) Entrepreneur Award 2018 di Glass house, di Ritz Carlton Jakarta Pacific Place, Jalan Jendral Sudirman Senayan Kebayoran Baru Jakarta Selatan, Rabu (5/12/2018).

Menteri Koperasi dan UKM, Drs. Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan, penghargaan ini sebagai apresiasi terhadap pola kepemimpinan yang berorentasi pada pengembangan Entrepreneur dalam tata kelola pemerintahan dan pembangunan. Seperti, inisiatif, pandangan kedepan dan kepekaan (envisioning), berani mengambil resiko dan mengejar peluang (antusiasme), berorientasi pada perubahan dan mendorong inovasi produk serta proses (enlightement).

“Semua itu menggunakan pendekatan dari luar ke dalam untuk menemukan dan memanfaatkan peluang baru (experiment) dan mengejar keunggulan (excellence),” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban, Agus Wijaya saat di konfirmasi Tabloidnusa.com menjelaskan, keberhasilan Inovasi internal meliputi Kesehatan (health), Pendidikan (Education) dan Kemiskinan (Poverty) serta Inovasi eksternal yang meliputi Pariwisata (Tourism), Perdagangan (Trade) dan Investasi (Investment).

“Sedangkan Aspek penilaian mencakup tiga Variable Utama yaitu Creativity, Innovation dan Enterpreunership,” jelas Agus Wijaya.

Mantan Camat Montong ini menambahkan, penghargaan ini berhasil diraih setelah melalui penjurian panjang. Selain itu, juga proses audiensi langsung serta klarifikasi dengan Direktur Jenderal Otonomi Daerah. Terutama, terkait pencapain minimal status tinggi untuk penilaian kinerja oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Adapun Inovasi unggulan Kabupaten Tuban dalam bidang perdagangan adalah ‘Sidang Padi’ yaitu inovasi dalam pengelolaan Resi Gudang dan Pasar Komoditi,” bebernya.

Terpisah, Bupati Tuban, H. Fathul Huda setelah menerima Penghargaan ini merasa bersyukur dan berbahagia atas penghargaan yang diraih. Bupati mengapresiasi Inovasi dan terobosan Resi Gudang dan beroperasinya RMU (Rice Miliing Unit) oleh Dinas Koperindag bersama Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappeti) Kementerian Perdagangan RI.

“Saya berharap, semangat Enterpreneur ini bisa dimiliki oleh setiap orang sehingga dapat mengembangkan potensi,” harapnya.(Lam/Wn)