Tahap Awal Tuban Bakal Terima 3.636 Vaksin Covid

oleh -

TUBAN

Wartawan : Eka Febriyani

Tabloidnusa.com – Pada tahap awal pembagian vaksin Covid19, Kabupaten Tuban bakal menerima 3.636 vaksin. Diperkirakan, vaksin ini bvakal datang dua hari ke depan.

Kepala Dinas Kesehatan (kadinkes) Tuban, Bambang Priyo Utomo mengatakan, penyuntikan vaksin akan dilakukan serentak pada 13 Januari 2021 besok dan diikuti secara serentak di 34 provinsi se-Indonesia.

“Ada tiga kelompok yang akan divaksin duluan untuk  meningkatkan kepercayaan dan partisipasi tenaga kesehatan dan publik dalam program vaksinasi gratis,” ujar Bambang, Rabu (6/1/2021).

Kelompok pertama, yaitu pejabat publik pusat dan daerah. Mereka adalah Presiden, Menteri, Gubernur, Panglima, Jenderal, Kepala Dinas Kesehatan, Sekda, Pangdam, Kapolda dan Direktur Utama RS rujukan Covid-19.

Kelompok kedua, pengurus profesi asosiasi tenaga kesehatan dan ‘key leader’ kesehatan daerah. Kelompok ketiga, tokoh agama daerah meliputi, perwakilan Nahdlatul Ulama, Muhammadiyah, dan perwakilan organisasi Kristen, Katolik, Budha, Hindu.

Sementara, Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul K menambahkan, bahwa jumlah vaksin akan terus bertambah karena data 3.636 adalah tahap awal yang diusulkan.

“Vaksin sudah ada di Pemprov Jatim dan sedang dikirim ke Tuban. Nanti jumlahnya akan ditambah,’’ terang Endah Nurul.

Dengan adanya vaksin tersebut, lanjut Endah yang juga Sekretaris Dinkes Tuban ini, pihaknya mengajak masyarakat untuk membiasakan kehidupan sehari-hari dengan protokol kesehatan. Seperti memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak aman atau tidak berkerumun.

Sementara, sampai saat ini, jumlah pasien yang sembuh dari Covid-19 terus bertambah. Pada Selasa (5/1/2021) ada 50 pasien sembuh, dari total kumulatif terkonfirmasi positif 1.946 kasus di Kabupaten Tuban.

‘’Jumlah yang sembuh lebih tinggi dibanding jumlah kasus baru. Per tanggal 5 Januari 2021 kemarin ada tambahan 28 kasus baru,’’ tandasnya.(yon)