Tak Bawa Visa Kerja, Tiga WNA Asal China Diamankan di Tuban

oleh -

Wartawan: Afif

Tuban,Tabloidnusa.com-Tiga Warga Negara Asing (WNA) asal China diamankan di wilayah Kabupaten Tuban. Ketiganya berusaha menyusup masuk kedalam PT Holcim Indonesia, Desa Sawir, Kecamatan Tambakboyo, Kabupaten Tuban.

Namun, sebelum masuk mereka berhasil diamankan oleh tim Security perusahaan setempat dan menyerahkan ke Tim Pemantau Orang Asing (Tim Pora) untuk dilakukan lebih lanjut.

Dari keterangan paspor yang mereka bawa, ketiga WNA tersebut yakni, Yao Shuwei (22) lahir di Henan, Wang Chongyang (30) lahir di Hebei, dan Wu Qianbin lahir di Zhe Jiang (37) lahir di Zhe Jiang.

Corporate Communication East Java PT Holcim Indonesia, Indriyani Siswati membenarkan, adanya penangkapan terhadap WNA asal China. Namun ketiganya tersebut bukan tercatat sebagai tenaga kerja perusahaan.

“Memang benar ada WNA yang diamankan, tapi mereka bukan tenaga kerja kami. Selama ini siapapun yang ingin belajar atau kerja di Holcim semua dokumennya lengkap,” jelas Indri, Jumat (24/8) siang.

Sementara itu, Plt Kepala Kesbangpol Kabupaten Tuban, Joko Sarwono mengatakan, ketiga WNA itu telah dipemeriksaan oleh Timpora. Ketiga WNA tidak dilengkapi dokumen lengkap sebagai Tenaga Kerja Asing (TKA).

“Paspor dan visanya ada, namun tidak mengantongi visa kerja, untuk itu kita amankan,” ujar Joko.

Dari keterangan visa kunjungan ketiganya, mereka tercatat dari PT Semen Imaco Asitic yang dikabarkan telah mendirikan pabrik di wilayah Kabupaten Jember. Selanjutnya ketiga WNA tersebut akan dikirim ke pihak Imigrasi di Surabaya, Jawa Timur.

“Keputusan lebih lanjut, kita akan serahkan ke pihak Imigrasi Surabaya,” pungkas Joko.(Fif/Wn)

Link Banner