Tambah 5, Jadi 9 Orang Positif Covid-19

oleh -

TUBAN
Wartawan : Eka Febriyani
Tabloidnusa.com – Jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Tuban bertambah lima orang pada Jumat (8/5/2020). Sehingga, secara kumulatif ada sembilan orang yang terkonfirmasi positif.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST., M.Kes., mengungkapkan hasil Tes Swab yang dikeluarkan oleh Balitbangkes Kementerian Kesehatan.

Ada tambahan lima kasus yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Tuban.

“Dari hasil Tes Swab, ada lima orang yang hasilnya positif covid-19.“ ujarnya.

Perempuan yang juga Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini menjelaskan, bahwa dari kelima kasus positif baru ini satu di antaranya sudah meninggal dunia, yaitu perempuan 57 tahun asal Kecamatan Parengan.

Sebelumnya almarhumah berstatus PDP meninggal Dunia pada tanggal 30 April 2020.

“Almarhumah termasuk dalam cluster Pasar Bojonegoro.” jelasnya.

Untuk penambahan pasien terkonfirmasi positif covid-19, masih menurut Endah adalah peempuan 44 tahun dan Laki-laki 48 tahun asal Kecamatan Tuban.

Dari hasil pelacakan yang dilakukan, mereka berdua memiliki kontak erat dengan PDP meninggal dunia asal Kecamatan Tuban yang meninggal pada tanggal 24 April 2020.

“Untuk PDP yang meninggal dunia ini belum sempat dilaksanakan Swab, tetapi hasil rapid tes positif.” ungkapnya.

Sementara itu, dua lagi pasien yang terkonfirmasi positif adalah dari cluster Pondok Pesantren Al Fatah Temboro Magetan.

Yaitu laki-laki berusia 15 Tahun asal Kecamatan Parengan dan 19 tahun asal Kecamatan Montong.

Sebelumnya dalam cluster yang sama juga telah ada yang dinyatakan terkonfirmasi positif pada tanggal 29 April 2020 lalu.

“Semua pasien positif covid-19 yang baru ini, dirawat dan diisolasi di RSNU Tuban,” jelas Endah.

Sehari sebelumnya satu pasien positif Covid-19 dinyatakan sembuh dan bisa pulang ke rumah.

Berdasarkan data peta sebaran Covid-19 Kabupaten Tuban, per 08/5/2020 hingga pukul 18.00 WIB terjadi penambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP) baru 9 orang.

Sehingga jumlah kumulatif ODP sebanyak 592 orang dengan keterangan sebanyak 455 orang selesai pemantauan dan 137 orang masih dalam pemantauan.

Selain itu, untuk Pasien Dalam Pengawasan (PDP) berjumlah 35 orang. Dari jumlah tersebut tercatat 13 orang sembuh; 7 orang meninggal dunia; dan sisanya yang masih dalam pengawasan sebanyak 15 orang.

Sedangkan untuk orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 sejumlah 9 orang, terdiri dari 1 orang sembuh; 2 orang meninggal dunia; dan 6 orang dalam perawatan.(yon)

Link Banner