Temukan Solar Ilegal, Danlanal Semarang Limpahkan Kasusnya Ke Polisi

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban, Tabloidnusa.com- Komandan Pangkalan Tentara Angkatan Laut (DanLanal) Semarang, Kolonel Laut (P) Heri Triwibowo, menyerahkan barang bukti, truk tangki yang diduga bermuatan Bahan Bakar Minyak ( BBM) berjenis solar Ilegal, ke Mapolres Tuban, Senin (30/07/2018).

Pengungkapan kasus BBM ilegal sebanyak 13.000, 600 Liter, di Desa Bogorejo Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban, tersebut pertama kali diketahui pada saat rombongan Paspol Lanal yang melakukan kunjungan pengawasan pembangunan Posmat Tuban yang berada di Kecamatan Bancar, pada (25/07/2018) lalu.

Saat itu sejumlah personil TNI, mencurigai truk tangki Milik PT Bayu Patra Energy (BPE) yang melaksanakan pengisian solar di Desa Bogorejo Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban. “Hari ini kita serahkan temuan kami truk berisikan BBM ke Polres Tuban, untuk selanjutnya biar diperdalam pemeriksaan,” jelasnya.

Dari hasil Pemeriksaan yang dilakukan oleh tim menemukan truk tangki, dengan palat nonor L 8945 UJ yang melakukan pengisian BBM dari Mobil pick up L 300, denga pengemudi berinisial SE warga asal Kabupaten, Lamongan. Menurut dia pekerjaan yang mengakibatkan dirinya diperiksa itu, baru ia lakukan kurang lebih satu bulan.

Sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. Jika seluruh industri tidak diperbolehkan mengunakan BBM bersubsidi. “BBM bersubsidi sudah jelas hanya diperuntukkan bagi para nelayan dan masyarak tidak mampu, bukan untuk industri,” kata perwira TNI AL berpangkat tiga melati di pundaknya ini.

Untuk barang bukti truk beserta isinya sebelum dilimpahkan ke Polres Tuban, terlebih dahulu dibawa ke Lanal Semarang untuk penyelidikan.

Sementara itu dikonfirmasi terpisah, Kasat Reskrim Polres AKP Iwan Hari Poerwanto menjelaskan, dengan adanya pelimpahan pelaporan ini. Polres akan memprosesnya. Termasuk memeriksa saksi sopir, beserta anggota TNI AL yang menangkap.”Memang benar dari TNI AL menyerahkan temuan ini ke kita, dan kami masih mendalami kasus ini,” terang Iwan. (Lam/Im).