Termakan Usia, Jembatan Antar Kecamatan di Tuban Putus

oleh -148 views
Jembatan putus di Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Diduga usia sudah tua, sebuah jembatan penghubung antar Kecamatan Montong dan Parengan, Kabupaten Tuban mengalami putus total.

Informasi yang berhasil dihimpun, pada Jum’at (22/2/2019) menyebutkan, jembatan putus terjadi pukul 15.45 WIB pada Kamis (21/2/2019) setelah dilewati mobil L300 bermuatan jagung. Jembatan yang dikenal jembatan penceng tersebut berada di wilayah perhutani tepatnya di petak 68 turut RPH Montong BKPH Montong, KPH Parengan. Persisnya berada di Desa Tanggulangin arah Montong.

Rasnawi (30) warga Desa Tanggulangin, Kecamatan Montong saat dilokasi putusnya jembatan mengungkapkan, awalnya jembatan tersebut dilalui kendaraan roda empat jenis L300 yang memuat jagung dari hasil panen seberat 3 ton 1 kwintal. Dari arah barat atau Desa Tanggulangin hendak menuju ke Montong. Diduga karena usia jembatan yang sudah rapuh dan pondasi terkikis oleh banjir, sehingga menjadi pemicu ambruknya jembatan.

“Mungkin usia jembatan sudah tua dan pondasi jembatan yang terkikis oleh banjir,” ungkapnya.

Mengenai hal itu, Camat Montong, Suwoto mengungkapkan, tidak ada mobil maupun korban jiwa dalam peristiwa itu. Beruntung saat putus, kendaraan tersebut berasil lolos meski beberapa sak jagung yang dimuat tumpah ke jembatan. Setelah menerima laporan tentang adanya putusnya jembatan tersebut, Camat Montong bersama PU, Kasi PMD dan Kepala Desa Tanggulangin langsung mendatangi lokasi kejadian. Kini tim sudah mengukur jembatan bersama BPBD dan kades yang selanjutnya membaut jembatan darurat.

“Tadi kami berkoordinasi dengan BPBD, Kepala Desa serta PU untuk membuat jembatan sementara, agar pengendara roda dua bisa melewati untuk sementara waktu,” papar Suwoto.(Lam/Wn)