Tertimbun Pasir Warga Bancar Meniggal

oleh -
Korban ketika dievakuasi

Tuban-Suparman (30) warga Desa Latsari, Kecamatan Bancar, Kabupaten Tuban meregang nyawa di lokasi penambangan pasir di gunung pasir Desa Latsari, Kecamatan Bancar karena tertimbun longsoran pasir dan batu, Kamis (22/03/2018).

Informasi yang berhasil dihimpun, kejadian tersebut menimpa korban pada saat proses penambangan pasir sedang berlangsung. Pada saat itu korban bersama 4 rekannya Marso, Subarjo, Dasun dan Gogon melakukan penambangan dengan menggunakan alat manual, seperti cangkul, gancu, sekop dan besi.

Proses evakuasi

“Sebelum kejadian korban melakukan penambangan secara manual, dengan menggunkan cangkul, skop, gancu dan besi,” jelas Kapolsek Bancar, AKP Benu Hamzah.

Dengan alat yang sederhana itu mereka melaksanakan penembangan dengan cara mencagkul dan menggancu pasir yang ada di lereng gunung dengan ketinggian 10 meter dan kemiringan 90 derajat. Kemudian, sebagian para penambang istirahat siang, sementara korban bersama Marso tetap mencangkul dan mengumpulkan pasir. Apesnya, saat mencangkul tiba-tiba terjadi longsor. Marso berhasil melompat dan menyelamatkan diri karena mengetahui longsoran tersebut. Sementara korban tidak sempat menghindar dan langsung tertimpa bongkahan batu dan tertimbun pasir di seluruh tubuhnya.

“Pada saat terjadinya longsor korban tidak bisa menyelamatkan diri, sehingga longsoran pasir menutupi seluruh tubuhnya,” ungkapnya.

Korban dievakusi ke puskesmas terdekat dilakukan autopsi

Untuk mempercepat evakuasi korban, Polsek Bancar, Polres Tuban meminta bantuan dan mendatangkan alat berat atau exkavator. Selang satu jam kemudian korban berhasil di temukan dengan keadaan tidak bernyawa dan keadaan luka terbuka di kepala.

“Korban kita temukan dalam jangka waktu satu jam dengan keaadan sudah meniggal dunia,” pungkas mantan Kapolsek Merakurak itu.(Salam)