Tetap Melaut Meski Cuaca Buruk

oleh -237 views
MASIH MELAUT : Meski Cuaca Buruk Nelayan Tetap Melaut

 TUBAN  – Meski ada himbauan untuk sementara nelayan diminta menepi karena beberapa hari ke depan cuaca diprediksi kurang bersahabat, namun banyak nelayan yang masih melaut.  Angin jkencang dan gelombang tinggi tak menyurutkan nelayan untuk mengais rejeki.

‘’Kami harus tetap melaut untuk menafkahi anak dan istri,’’ ujar Tasmuri (45) bapak dua anak,  salah satu nelayan dari Kelurahan karangsari Tuban, Rau (29/11).

Jika menepi alias menyandarkan perahu atau kapalnya, para nelayan ini tidak mendapat penghasilan. Karena mata pencaharian satu-satunya adalah mencari ikan. Jika tak melaut, kebanyakan nelayan juga berkutat dengan pekerjaannya. Seperti membenahi kapal atau memperbaiki jaring yang rusak.

‘’Pekerjaannya ya hanya mencari ikan,’’ katanya.

Untuk saat ini, kondisi laut menurut mereka masih lumayan. Para nelayan, kata dia, tahu apa yang harus dilakukan. Jika cuaca benar-benar membahayakan baru mereka menyandarkan perahunya. Jika tak melaut, biasanya mereka hanya berkumpul di pos mereka di pinggir laut.

‘’Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari kita menggunakan uang tabungan atau mencari pinjaman,’’ ungkapnya.(salam)