Tiba di Tuban, Kirab Satu Negeri Lewat Jalur Laut

oleh -869 views
Kirab satu negeri melalui jalur laut

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Kirab Satu Negeri Gerakan Pemuda Ansor sudah tiba di Pendopo Kridho Manunggal Tuban, pada Senin (15/10/2018).

Pada kirab tersebut telah membawa 17 bendera merah putih dengan menggunakan jalur laut atau kirab Arung Samudra untuk menuju ke Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Misinya membawa satu rasa, persatuan dan kesatuan NKRI serta mempertahankan Indonesia dari paham yang akan merusak persatuan.

“Tujuan kirab ini kita mengajak kembali seluruh masyarakat Indonesia terutama pemuda Indonesia untuk membangun kembali komitmen persatuan dalam berbangsa dan bernegara. Khususnya di tengah-tengah banyak peristiwa yang terjadi, bahkan tadi malam ada pengrusakan acara di Cilacap dan Bantul di Jogjakarta yang hanya sekedar sedekah,” jelas Ketua Wilayah GP Ansor Jawa Timur, Sholahul Am Notobuwono kepada awak media.

Sementara itu, Ketua PC GP Ansor Tuban, Syafiq Sauqi menerangkan, dengan kirab ini menunkukkan bahwa Indonesia mempunyai harta kekayaan berupa pantai atau lautan. Bahkan, optimis lautan ini mungkin bisa dibangun dan bukan pemisah. Oleh sebab itu, rombongan melakukan arung samudra bersama Ansor dan Banser dari Pimpinan Cabang (PC) Tuban. Kemudian, menuju Jawa Tengah dengan menggunakan 17 perahu nelayan dan setiap perahu dikasih bendera merah putih menuju ke Provinsi Jawa Tengah dan akan diterima oleh PC GP Ansor Rembang.

“Kirab Arung Samudra di Tuban kita berangkat dari Pantai Boom menuju Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Nanti dibawa oleh GP Ansor Jawa Tengah dan rombongan Kirab Satu Negeri akan sowan ke Kiai Maimun Zubair yang berada di Kecamatan Sarang,” pungkasnya.(Lam/Wn)