Tingkatkan Minat Baca Masyarakat Tuban, Pertamina MOR V Luncurkan “Pertalit”

oleh -
Peluncuran program “Pertalit”

Tuban,Tabloidnusa.com-Demi meningkatkan minat baca masyarakat Kabupaten Tuban, PT Pertamina MOR V jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara (Jatimbalinus) telah meluncurkan program Pertamina Peduli Literasi (Pertalit), pada Sabtu (28/4/2018).

Program tersebut diluncurkan di wilayah Kecamatan Jenu, terutama di Desa Remen dan Tasikharjo. Dua lokasi itu menjadi sasaran Pertalit, karena terdapat perpustakaan belum memadai. Sedangkan,  program yang dimulai April hingga Mei 2018 ini telah menggandeng Yayasan Sedulur Pena (YSP). Tujuannya demi mengembangankan budaya baca di masyarakat. Terutama, dalam mencerdaskan generasi bangsa dan warga secara umum.

Kepala Project Manager Pertalit, Sri Wiyono mengatakan, ada tujuh titik sasaran program, yakni dua desa di sekitar pangkalan bahan bakar minyak (BBM) Pertamina. Dua itu adalah Desa Tasikharjo dan Desa Remen. Kegiatan dilangsungkan di SDN 1 Remen, SDN 2 Remen dan SDN Tasikharjo. Kemudian, dilanjutkan di MTs Manbail Huda Jenu dan SMK Manbail Futuh. Disemua titik sasaran akan dibentuk perpustakaan. Sedangkan, jika sudah ada perpustakaan maka akan dibantu menambah koleksi buku dan perangkat perpustakaan.

“Tujuan program ini adalah untuk memberikan kesempatan pada masyarakat untuk mendapat akses informasi dalam bentuk budaya baca,” ungkap Yono sapaan akrabnya.

Ia menambahkan, untuk memaksimalkan program ini lebih tepat sasaran, Pertamina dan YSP telah menyiapkan SDM dengan cara merekrut Kader Literasi yang dipilih melalui seleksi. Setelah terpilih, Kader Literasi tersebut akan menjalani pembekalan dan pelatihan dengan nara sumber yang kompeten.

“Mereka akan disiapkan menjadi Kader Literasi yang benar-benar tangguh dan bisa menggerakkan minat baca masyarakat. Sehingga, nyambung dengan program yang dirancang. Sedangkan, selama pelaksanaan program, juga akan dilakukan pendampingan dan kesempatan untuk terus koordinasi dan konsultasi mengenai program,” beber Yono.

Dikonfirmasi terpisah, Unit Manager Communications & CSR Pertamina MOR V JatimBaliNus, Rifky Rahman Yusuf menyampaikan, komitmen Pertamina untuk turut serta dalam gerakan literasi di masyarakat cukup tinggi. Sebab, tugas bersama untuk meningkatkan pengetahuan, terutama melalui akses buku.

“Semoga saja kegiatan Pertalit ini bisa bermanfaat lebih untuk masyarakat, terutama di Kabupaten Tuban,” tegasnya.

Sementara itu, dukungan penuh berasal dari jajaram Forkompimda Kabupaten Tuban dan beberapa stokeholder. Bupati Tuban, H Fathul huda memberikan peluncuran porgram Pertalit tersebut. Ia berharap, dari program itu dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) masyarakat Tuban.

“Kegiatan seperti Pertalit ini sangat positif dan bisa memberi manfaat besar bagi masyarakat. Terutama peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM),” terang Bupati Tuban, H Fathul Huda.(Salam)

Link Banner