Tolak Pendirian Kilang Minyak, 6 Desa di Jenu Demo DPRD

oleh -194 views
Demo warga Jenu di Kantor DPRD Tuban

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Menolak pendirian pabrik kilng minyak di Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, ratusan warga dari Desa Rawasan, Kaliuntu, Remen, Mentoso, Wadung dan Sumurgeneng kecamatan setempat mendemo kantor DPRD Tuban, pada Selasa (29/1/2019).

Kedatangan mereka ke dedung dewan lantaran ingin menyampaikan surat penolakan dan penetapan lokasi (Penlok) pendirian kilang minyak kepada DPRD. Sebab, berdirinya kilang minyak hanya untuk kepentingan perusahaan bukan untuk kepentingan umum,

“Kami tidak setuju dengan pembangunan kilang minyak ini, pembangunan kilang minyak bukan untuk kepentingan umum. Tapi, untuk kepentingan perusahaan biarkan petani hidup,” teriak koordinator aksi, Munasih.

Dalam aksinya ratusan warga bergantian melakukan orasi dengan menyuarakan penolakan pendirian kilang minyak di Jenu. Selain itu, mereka membentangkan beberapa poster dan spanduk kain putih dengan tulisan “Tanah Kami Harga Mati Ora di Dol”.

Di depan gedung dewan mereka meminta Ketua DPRD dan DPRD dari Dapil Jenu untuk menemui mereka. Alasannya, untuk menyaksikan penyerahan surat penolakan penlok kepada DPRD. Namun, dengan alasan reses dan Kunjungan Kerja (Kunker) anggota dewan tidak bisa di temui.

“Kami merasa kecewa dengan DPRD Kabupaten Tuban yang dinilai tidak mau menemui peserta aksi dengan alasan reses dan Kunjungan Kerja (Kunker),” jelasnya.

Selang beberapa waktu, salah satu Anggota DPRD Kabupaten Tuban Nur Hadi Sunarendro Komisi B dari Fraksi Gerindra menemui peserta aksi, ia mengatakan, percayalah bahwa surat ini nanti akan disampaikan kepada Pimpinan DPRD Kabupaten Tuban.

“Nanti akan kami sampaikan surat ini kepada pimpinan, selanjutnya untuk dibahas,” pungkasnya.

Usai memberikan surat dan koordinator aksi mendapat surat tanda terima lalu warga membubarkan diri dengan tertib.(Lam/Wn)