Tuban Satu Bojonegoro Tujuh

oleh -
TERIMA SK : Napi yang mendapat remisi menerima SK dari Kalapas Tuban

* Napi yang terima remisi Natal

TUBAN – Hanya satu narapidana (napi) warga binaan di lembaga pemasyarakatan (lapas) Kelas II B Tuban yang menerima pengurangan masa hukuman (remisi) khusus hari Natal. Dia adalah Hero Kristiyan yang mendapat pengurangan hukuman satu bulan. ‘’Sebenarnya ada dua napi yang beragama Kristen, namun yang satu tidak memenuhi syarat,’’ ujar Wenda Indra B Humas Lapas Tuban kemarin.

SK remisi tersebut diberikan langsujng oleh Kalapas Sugeng Indrawan. Wenda mengatakan, pemberian remisi ini melalui proses yang panjang. Para napi mengevaluasi dan mengamati tingkah laku warga binaan. Mereka yang berlakuan baik kita usulkan untuk menerima remisi,’’ tambahnya.

Pemberian remisi itu dilaksanakan dengan upacara. Upacara dimulai pukul 07.30 WIB. Upacara dipimpin langsung Kalapas. Petugas yang menjadi ptuga upacara para pegawai Lapas. Di antaranya komandan upacara Hariyanto, pembaca SK Remisi Wenda Indra B, dan pembaca doa Lubis.

Dalam upacara pemberian remisi itu juga dibacakan sambutan Menteri Hukum dan HAM oleh Kalapas. Upacara diikuti oleh seluruh warga binaan pemasyarakatan (WBP) dan petugas yang piket pada hari ini. ‘’Saat ini jumlah penghuni Lapas 389 WBP,’’ katanya.

Sementara di Lapas Kelas II A Bojonegoro sebanyak tujuh napi yang menerima pengurangan masa hukuman. Penyerahan SK remisi dilaksanakan Rabu 27 Desember pagi ini di Lapas. ‘’Penyerahan remisi sekalian perayaan Natal di Lapas Rabu besok (hari ini),’’ ujar Kepala Lapas Bojonegoro Dedi.

Ketujuh warga binaan itu, enam orang menerima remisi satu bulan, dan satu orang menerima pengurangan hukuman 15 hari. Napi yang berhak menerima remisi adalah mereka yang berlakuan baik. Tidak melanggar tata tertib dan bertingkah laku sopan. Selain itu, sudah menjalani hukuman minimal enam bulan.(rizqi)

Link Banner