Tuban Target Masuk 10 Besar Jamda

oleh -4 views
BERANGKAT : Kontingen Jamda dari Tuban Diberangkatkan. Mereka Ditarget Masuk 10 Besar

Wartawan: Eka Febriyani

Tabloidnusa.com –  Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Tuban menargetkan kontingen Tuban dalam jambore  daerah (Jamda) Jawa Timur masuk 10 besar.

Target itu disampaikan Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Tuban Budi Wiyana saat memberangkatkan kontingen Jamda di halaman kantor pemkab Tuban.

Sebanyak 38 anggota pramuka Kwarcab Tuban yang dikirim untuk mengikuti Jamda pada 12-18 Oktober 2019 di Bumi Perkemahan Wisata Hutan Pinus Songgon, Banyuwangi tersebut.

Pemberangkatan kontingen juga dihadiri Kepala Disparbudpora; Kepala Dispendik; Kepala Kantor Kesbangbol pengurus Kwarcab Tuban; dan orang tua peserta.

Menurut pria yang juga Sekda Tuban itu, Jamda menjadi ikon gerakan Pramuka yang diadakan secara berjenjang mulai dari tingkat kecamatan hingga nasional.

Kegiatan itu juga menjadi wadah pengkaderan bagi anggota pramuka di tingkat penggalang. Kontingen yang dikirim telah lulus seleksi dan menjadi andalan bagi Kwarcab Tuban.

Ini menjadi kesempatan untuk terus meningkatkan prestasinya sehingga harus dijalankan dengan sungguh-sungguh.

Kontingen Bumi Wali harus memiliki jiwa berkompetisi yang sportif dan diharapkan mampu meraih prestasi sebaik mungkin. Kontingen juga menjadi duta untuk mempromisikan berbagai potensi dan keindahan di Kabupaten Tuban.

Pejabat asal Nganjuk ini berharap Kabupaten Tuban dapat menjadi tuan rumah kegiatan Pramuka tingkat provinsi maupun nasional. Karena itu diperlukan berbagai persiapan dan sinergitas stakeholder yang mengampu gerakan kepanduan ini.

Berbagai kegiatan kepramukaan, lanjut Sekda, selaras dan sejalan dengan progam Pemkab Tuban. Sehingga dapat disinergikan berbagai instansi terkait.

Gerakan Pramuka Tuban juga berpartisipasi aktif pada berbagai kegiatan gerakan Pramuka di tingkat provinsi dan nasional.

‘’Ke depan kegiatan kepramukaan dapat terus ditingkatkan sehingga mampu mencetak SDM unggul, ‘’ katanya.

Sementara Kepala Disparbudpora Tuban yang juga Ketua Kwarcab Tuban, Drs. Sulistiyadi, MM., menerangkan kontingen Bumi Wali yang dikirim terdiri dari pramuka penggalang putra 14 orang; penggalang putri 14 orang; pramuka berkebutuhan khusus (PBK) 2 orang.

Selain itu, pimpinan kontingen 2 orang; Pembina pendamping 6 orang; dan Pembina pendamping PBK 2 orang.

‘’Peserta merupakan anggota terbaik dari Kwartir Ranting se-Kabupaten Tuban; Gugus depan pangkalan SMP/MTs; dan pramuka berkebutuhan khusus,’’ terangnya.(yon)