Ulang Tahun Bank Sampah Asoka Berseri Santuni Anak Yatim

oleh -
BERMANFAAT : Bank Sampah bisa Bermanfaat untuk Warga

 SOKO – Merayakan ulang tahun dengan memberikan manfaat pada orang lain. Itulah yang dilakukan bank sampah Asoka Berseri milik Desa Sokosari, Kecamatan Soko. Di ulang tahun keduanya, bank sampah ini memberikan santunan pada anak yakim dan dhuafa.

Acara dilaksanakan di balai desa setempat dengan dihadiri langsung Camat Soko Suwito, berserta Forkopimka Soko, Kades dan perangkat desa, pengurus bank sampah dan  komunitas Pemerhati Lingkungan  Grahatma Kabupaten Bojonegoro.

Ketua panitia Mahmudan, mengatakan bank sampah Asoka Berseri merupakan wujud kepedulia pada lingkungan.

‘’Dari jasa pengelolaan bank sampah ini, kami bisa memberi bantuan kepada anak yatim dan kaum dhuafa,’’ ujar Mahmudan.

Sementara, ketua bank sampah Asoka Berseri Hasto Purnomo menambahkan, bahwa bank sampah adalah terobosan terbaru masyarakat Soko untuk mengelola perekonomian juga pengarah pada kelestarian lingkungan.

‘’Sudah dua tahun kami bersama kawan -kawan peduli lingkungan bergerak untuk mengajak warga peduli kebersihan,’’ terangnya.

Santunan anak yatim dan dhuafa itu diberikan pada 15 orang dari Dusun Krajan. Mereka mendapat paket sembako dan alat sekolah serta uang.

Sementara Camat Soko Suwito mengapresiasi atas kepedulian warga pada lingkungan, yang justru membawa manfaat yang luar biasa bagi warga.

‘’Bank sampah ini memberikan manfaat kepada masyarakat dan pemerintah desa Sokosari. Harus terus ditingkatkan,’’ pesannya.

Kegiatan yang dilakukan bank sampak di antaranya adalah; mengolah sampah limbah rumah tangga. Setiap Sabtu masyarakat  mengirim sampah ke bank sampah, menambah penghasilan warga dengan jalan melatih warga dengan ketrampilan dan kerajinan dari sampah plastik. Juga menjadi juara pengelolaan lingkungan desa tingkat kabupaten.

‘’Kegiatan yang mulia ini bisa ditularkan kepada desa-desa yang lain dan lembaga pendidikan yang ada di Soko,’’ katanya. (edy)

Link Banner