Wabup Tegaskan, Koperasi Bodong Perlu Disikat

oleh -

Wartawan: Salam

Tuban, Tabloidnusa.com- Keberadaan koperasi yang tidak memiliki izin resmi dari instansi terkait perlu ditertibkan. Langkah tegas ini, sebagai upaya mencegah adanya praktik kecurangan yang akhirnya menimbulkan kerugian yang sangat besar dikalangan masyarakat.

“Kalau ada yang tidak jelas atau abal-abal, sikat dan laporkan ke Polisi, kata, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussein, usai menghadiri acara peringatan HUT Koperasi yang Ke 71 di komplek perumahan bupati, Selasa (7/8).

Selain menertibkan koperasi yang tidak memiliki izin resmi, pihaknya juga memberikan warning bagi koperasi yang saat ini masih bermasalah mengenai izin, agar segera diperbaharui. Namun jika tidak maka perlu dilakukan pembinaan.

Saat ini menurut hasil laporan yang disampaikan pada dirinya, jumlah koperasi yang berada di Tuban telah mencapai 1.246. dari total jumlah keseluruhan 30 persen diantaranya bermasalah. “Yang bermasalah perlu dibenahi jika ingin berkembang,” tegasnya.

Menurut dia, saat ini tren inovasi dunia internet harus benar-benar dimanfaatkan bagi pelaku bisnis koperasi. Sistem koperasi konfensional harus dirubah ke yang elektronik.

Ini wajib di dorong oleh semua pihak agar sejumlah koperasi yang berada di Tuban ini tidak ketinggalan zaman. Selain itu pihaknya juga berharap agar pelaku bisnis koperasi bisa membuat trobosan baru di dunianya, dengan memanfaatkan peluang dan cela di sekitarnya. Seperti koperasi di sekolah. (Lam/Im).