Wajah Pesantren Wajah Indonesia

oleh -163 views

 

UPACARA KAUM SANTRI : Para Santri di Bojonegoro saat Upacara di Alun-Alun

BOJONEGORO – Jika ingin melihat wajah Indonesia, maka lihatlah wajah pesantren, begitukah? Itulah tema yang diusung dalam peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun ini. Di Bojonegoro peringatan dipusatkan di Alun-Alun Kota dengan dibanjiri ribuan santri.

Pembacaan teks pembukaan UUD 1945 oleh Abdul Djalil Guru SMAN 1 Bojonegoro menjadid pembuka. Lalu, ikrar santri oleh Moch Haris dan pembacaan resolusi jihad oleh Drs Mariyadi.

Juga ditampilkan aksi kolosal yang bertajuk ” ayo mondok ” yang diperagakan oleh 650 santri dari pondok pesantren Al Rosyid Bojonegoro. Pada aksi ini, terdapat beberapa bagian tampilan tari saman, tari kipas, dan kolaborasi air fighter Al Rosyid dengan 300 Pramuka dengan peragaan semaphore.

Ketua penyelenggara KH Alamul Huda mengatakan, hari santri nasional adalah milik Bangsa Indonesia. Untuk Kabupaten Bojonegoro peringatan hari santri juga digelar tiap tiap kecamatan. Dia merasa bahagia karena semangat santri Bojonegoro adalah jiwa kesatria membela bangsa dan negara.

‘’Ketika dunia menawarkan perpecahan dan pertikaian, santri Bojonegoro siap mengubah menjadi keindahan,persatuan dan perdamaian,’’ ucapnya.

Bupati Bojonegoro Suyoto yang menjadi Inspektur upacara mengaku sangat berbangga dan berbahagia karena peringatan kali ini jauh lebih baik. Peringatan hari santri mengingatkan bahwa santri pernah menjadi bagian penting sejarah bangsa Indonesia. ‘’Al Qur’an di dalamnya memberikan pemahaman bahwa bumi diwariskan kepada hamba hambanya yang beramal saleh. Bumi akan memberikan penghargaan kepada laki laki maupun perempuan jika kita bertaqwa dan beramal saleh,’’ katanya.

Santri harus terus berkiprah. Santri yang menakjubkan adalah santri yang mampu hidup berbahagia dunia dan akhirat.

‘’Bagaimana menghadirkan kesantrian dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Maka benar jika wajah santri adalah wajah Indonesia,’’ terangnya.(rizqi)

Link Banner