Jalan Alternatif Tambakboyo-Kerek Terkena Longsor

oleh -448 views
Longsor di Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo

Tambakboyo-Jalur alternatif dari Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo menuju Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban terkena longsor, Rabu (28/2/2018). Akibatnya, jalur tersebut tidak dapat dilewati kendaraan sekitar beberapa jam.

Mengetahui longsor itu membuat puluhan warga Desa Cokrowati sukarela melakukan kerja bakti membersihkan longsor yang mengenai bahu jalan. Mereka beramai-ramai menyingkirkan bongkahan batu dan pasir yang berasal dari tebing tepi jalan.

Menurut Sarmuji (47) warga Desa Cokrowati, tebing tersebut longsor sekitar pukul 02.00 WIB. Saat itu terjadi hujan deras, diduga tebing tidak kuat menahan air akhirnya mengalami longsor. Akibat longsor itu bongkahan batu dan pasir menutupi jalan Desa Cokrowati, Kecamatan Tambakboyo menuju Desa Wolutengah, Kecamatan Kerek.

“Sekitar 4 jam jalan ini kembali berfungsi,” ujar Sarmuji ketika berada di lokasi.

Kata Sarmuji, jalan kembali dibuka setelah warga dibantu sopir truk melakukan kerja bakti dengan menyingkirkan bongkahan batu dan pasir. Saat kerja bakti warga mengalami kesulitan memindahkan bongkahan batu yang besar. Butuh dipukuli menjadi kecil baru batu tersebut bisa dievakuasi ke tepi jalan.

“Yang batu besar agat sulit, karena perlu dipukul dulu hingga kecil, barulah dipindah,” ceritanya saat beristirahat di gubuk yang berada di sebelah lokasi longsor.

Warga berharap, kejadian longsor ini tidak terulang kembali. Diakui memang sebelum longsor tebing itu sudah retak sekitar setahun lebih. Sehingga, saat hujan deras dimungkinkan terkikis akhirnya membuat tebing porak poranda.

“Kalau bisa ya ada perbaikan permanen, salah satunya dengan membangun penahan tebing,” saran petani Cokrowati ini.

Dikonfirmasi terpisah, Camat Tambakboyo, Didik Purwanto membenarkan, jika longsor itu disebabkan curah hujan yang tinggi beberapa hari ini. Akibatnya, tebing tidak kuat menahan beban air, sehingga terjadi longsor.

“Sudah dapat kita tangani berkat kerja sama dan gotong royong,” pungkasnya saat dikonfirmasi melalui ponselnya.(Salam)