Warga Miskin Disiapkan Bantuan Hukum

oleh -152 views
SINERGI : Eksekutif, Legislatif bersinergi dengan TNI dan Polri untuk membangun Tuban

TUBAN – Proses hukum bisa dialami siapa saja. Golongan kaya maupun miskin, pejabat maupun rakyat jelata.  Golongan dan pejabat ketika terlibat dengan kasus hukum bisa mengupayakan bantuan hukum yang baik. Sementara kaum miskin yang ada hanya pasrah. Karena selain tidak mampu membiayai jasa pengacara atau bantuan hukum, kaum miski banyak yang awam soal hukum

Namun, hal itu tak berlaku lagi dalam waktu dekat ini, jika rancangan peraturan daerah (raperda) yang sudah diajukan kelak menjadi perda. Sebab, DPRD Tuban mengajukkan tiga raperda inisiatif, yang salah satunya adalah soal bantuan hukum bagi warga miskin. Raperda itu Kamis (9/11) diajukan dalam paripurna.  Paripurna dipimpin langsung Ketua DPRD  M. Miyadi yang bupati Tuban Fathul Huda.

‘’Dua raperda lainnya yang kami ajukan adalah tentang perlindungan anak dan raperda pencegahan dan peningkatan kualitas terhadap perumahan kumuh dan permukiman kumuh,’’ ujar Ketua DPRD.

Sementara, Sekda Budi Wiyana mengatakan, tiga raperda inisiatif DPRD  itu selaras dengan upaya pemkab Tuban  dalam rangka  pembangunan, perlindungan anak dan pengentasan kemiskinan.

“Harapan dari raperda inisiatif DPRD  ini, dan aspirasi masyarakat  mudah – mudahan bisa lebih dioptimalkaan,’’ harap Budi Wiyana.(salam)