Warga Tuban Terkena Dampak Palu Dapat Bantuan

oleh -
penyerahan bantuan kepada korban Palu

Wartawan: Salam

Tuban,Tabloidnusa.com-Sebanyak 310 warga Tuban yang terkena dampak bencana Palu telah merima bantuan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, pada Rabu (19/12/2018).

Pemkab Tuban melalui Dinas Sosial P3A menyalurkan bantuan ke pengungsi eksodus Palu. Bantuan tersebut dibagikan kepada warga Kabupaten Tuban bagi terkena dampak bencana Palu yang tinggal di Kecamatan Plumpang.

Kabid Pemberdayaan Sosial, Dinas Sosial P3A, Harsono Tri Asworo mengungkapkan, bantuan ini diberikan setelah para korban didata oleh Pemerintah Desa (Pemdes) melalui rekomendasi yang dikirimkan camat dan dilanjutkan ke Dinas Sosial.

“Kita menyalurkan bantuan ini atas data rekomendasi camat. Dari data tersebut ada 5 desa di Kecamatan Plumpang yang menerima bantuan,” terangnya.

Ia menambahkan, selain uang tunai yang disalurkan, Pemkab telah koordinasi dengan Dukcapil untuk advokasi kependudukan. Tujuannya, agar diberi kemudahan dalam mengurus KTP bagi yang akan pindah kependudukan. Selain itu, melakukan koordinasi dengan Diknas dan Kemenag agar administrasi kelembagaan secara formalitas segera terselesaikan bagi anak pengungsi.

“Selain uang tunai yang dibagikan, kita juga berkoordinasi dengan Dukcapil serta Diknas dan Kemenag,” tuturnya.

Harsono mengharapkan, pihak desa dan kecamatan saling berkoordinasi untuk validasi data tambahan bagi pengungsi yang belum tercatat.

“Setalah di Plumpang akan diagendakan penyaluran bantuan untuk pengungsi lagi di kecamatan yang lain,” imbuhnya.

Diketahui, desa yang menerima bantuan tersebut yaitu 1). Desa Sumberagung sebanyak 34 KK dengan jumlah 102 jiwa, 2). Desa Magersari sebanyak 29 KK dengan jumlah 92 Jiwa, 3). Desa Penidon sebanyak 19 KK dengan jumlah 77 jiwa, 4). Kedungsoko sebanyak 2 KK dengan jumlah 7 jiwa, dan ke 5). Desa Plandirejo dengan jumlah 13 KK sebanyak 32 Jiwa. Total yang menerima bantuan sebanyak 310 Jiwa dari 5 Desa yang berada di Kecamatan Plumpang.(Lam/Wn).

Link Banner