Warna warni di Laut Palang

oleh -649 views
MENARIK : Kirab perahu nelayan Kradenan warnai laut

*Kirab perahu sedekah laut Desa Kradenan

PALANG – Warna warni di lautan. Begitulah kirab perahu dengan hiasan bendera warna-warni di Desa Kradenan Kecamatan Palang. Acara untuk merayakan sedekah laut itu cukup menarik perhatian. Aksi yang dilakukan warga Kradenan ini bisa menjadi agenda wisata. Jika dikelola dengan baik.

Buktinya, banyak warga yang datang ke lokasi. Mereka bukan hanya dari Kecamatan Palang, namun tak sedikit yang dari kecamatan lain. Kegiatan tersebut memang cukup menarik. Sebab, perahu yang dikirap itu dihiasi dengan berbagai bendera warna-warni dengan ukuran besar. Sehingga, saat bendera itu berkibar tertiup angin, menghadirkan pemandangan yang menarik.

JADI ASET WISATA : Kegiatan kirab perahu di Kradenan bisa jadi aset wisata menarik

Yang unik, penumpang dalam perahu bukan hanya nelayan pemilik perahu, namun mereka juga mengajak keluarga terdiri istri, anak-anak, kerabat dan juga kawan atau handai taulan yang mau diajak naik. Undangan untuk naik perahu yang dikirab itu sebagai penghormatan pada tamu yang datang. Lalu ratusan perahu yang setiap  hari digunakan untuk mencari cafkah itu dikirap di tengah laut dengan jarak sekitar 10 kilometer. Lalu kembali ke pangkalan di tempat pelelangan ikan Kradenan.

Sementara Jupri, ketua panitia sedekah laut mengatakan, acara itu gelar untuk menunjukkan rasa syukur pada Tuhan atas rejeki yang selama ini mereka terima. Selain kirab perahu, sedekah laut juga diisi hiburan pentas musik dan ditutup dengan pengajian. ’’Ini semuanya untuk melahirkan rasa syukur kami atas nikmat yang telah Allah berikan pada kami,’’ katanya. (rizqi)