Waspadai Orang Mencurigakan Berkeliaran

oleh -
WASPADA : Ketua RT saat Menanyai Orang yang Mencurigakan

*Ketua RT Usir Orang Tak Dikenal

 TUBAN – Kejadian percobaan perampokan dan pencurian di kawasan Karang Indah dan sekitarnya membuat warga semakin waspada. Beberapa hari lalu, di Perumahan Karang Indah, kejadian seorang ibu yang disekap oleh perampok yang semula berpura-pura meminta sumbangan. Begitu tahu perempuan itu di rumah sendirian, pria peminta sumbangan itu balik lagi dan melakukan kejahatan.

Sabtu (2/12) malam di Jalan Asrama Haji terjadi percobaan pencurian di sebuah rumah. Orang yang diduga berniat jahat itu sudah berhasil masuk rumah, namun terpergok pembantu di rumah itu sehingga gagal menjalankan aksinya.

Karena kejadian beruntun itu, seorang Ketua Rukun Tetangga (RT) di kompleks Perumhaan Bumi Permata Estate, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, Senin (4/12) merasa curiga ketika seorang yang tak dikenal berseliwean di kompleksnya. Lebih dari 30 menit pria yang mengendarai motor itu bolak-balik di lokasi.

‘’Benar tadi orangnya berseliweran di kawasan RT 4, bolak balik hingga sekitar 30 menit,’’ ujar  Erik, Ketua RT 04.

Menurut Erik, orang itu terlihat mencurigakan. Saat melintas, terlihat tengok kanan-kiri. Erik lalu menghentikan orang tersebut. Ketika ditanya mencari siapa, orang tak dikenal itu mengaku mencari Pak Eko dengan alamat Perumdin Semen Gresik dengan dalih mau mengerjakan pagar rumahnya. Padahal warganya bernama Eko rumahnya sudah terpasang pagar.

‘’Saat saya tanya identitasnya juga tidak bisa menunjukkan. Jadi orangnya saya suruh pergi,’’ tambahnya.

Ketua RT itu meminta agar warganya berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaan. Sebab, saat ini banyak modus yang dilakukan oleh pelaku kejahatan.

‘’Kami minta masyarakat juga waspada, terhadap orang yang mencurigakan. Jita menemui orang yang mencurigakan langsung koordinasi dengan warga sekitar. Bila perlu melapor pada pihak yang berwajib,’’saran dia.

Dikonfirmasi terkait seseorang mencurigakan di kawasan perumahan, Kasat Binmas Polres Tuban, AKP Mardiyah meminta waspada jika terdapat orang yang mencurigakan. Bila perlu lapor pada ketua RT maupun RW dan dilanjutkan kepada Kepala Desa atau Lurah setempat atau lapor ke kepolisian jika ada pelaku kejahatan.

‘’Kami minta masyarakat tenang, dan tetap waspada. Apabila ada orang asing yang gerak-geriknya mencurigakan silakan lapor ketua RT atau langsung ke kepolisian. Jika menangkap pelaku kejahatan jangan main hakim sendiri,’’ pinta AKP Mardiyah.(andi)